Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat datang di blog . Senang sekali rasanya kali ini dapat kami bagikan artikel tentang Iklan meliputi pengertian, ciri-ciri, syarat, jenis / macam-macam iklan dan contohnya. Mari kita bahas selengkapnya..
Pengertian iklan
Pengertian Iklan adalah salah satu cara komunikasi oleh seseorang, instansi / lembaga, atau perusahaan yang digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi dengan dengan cara atau bentuk yang menarik kepada khalayak umum guna mendorong atau membujuk atau lebih tertarik untuk menggunakan barang atau jasa yang di tawarkan.
Dengan kata lain, iklan memberitahu kepada masyarakat / banyak orang mengenai barang dan jasa yang dijual, iklan biasa dipasang di media massa seperti koran dan majalah, tv, website atau di tempat-tempat umum.
Ciri-Ciri Iklan
Ciri-ciri iklan antara lain :
• Komunikatif
• Informatif
• Bahasanya mudah dimengerti dan diingat masyarakat
• Menarik perhatian dan bersifat mengajak penonton/pembaca untuk membeli/menggunakan barang atau jasa yang telah diiklankan
Syarat Iklan
Syarat iklan yaitu acuan atau hal-hal yang harus terpenuhi agar sesuatu itu dapat disebut sebagai iklan. Sesuatu dapat disebut sebagai iklan apabila memenuhi syarat-syarat berikut ini :
1. Isinya bersifat objektif, jujur, singkat, jelas, menarik perhatian, tidak menyinggung perasaan orang lain.
2. Bahasa iklan harus berkonotasi positif, mudah diingat, mudah dipahami, dan menimbulkan sikap penasaran bagi khalayak ramai.
Jenis / Macam-Macam Iklan
Jenis atau macam-macam iklan sangatlah beragam, berikut akan dibahas tentang jenis iklan berdasarkan isinya, berdasarkan media yang digunakan, dan berdasarkan sifat iklan.
Jenis Iklan Berdasarkan Isinya
Berdasarkan isinya, iklan dikelompokkan menjadi 3 (tiga) jenis, yaitu : Iklan pengumuman, Iklan penawaran, dan iklan layanan masyarakat.
1. Iklan Pengumuman (Pemberitahuan)
Yaitu iklan yang bertujuan untuk menarik perhatian masyarakat atau khalayak umum tentang suatu hal pemberitahuan. Contohnya : iklan duka cita, iklan reuni alumni sekolah.
2. Iklan Penawaran (Niaga)
Yaitu iklan yang bertujuan menawarkan suatu barang atau jasa kepada masyarakat. Contoh iklan niaga :
- Iklan penawaran barang / produk, misal iklan sepatu, pakaian, handphone, motor, dan sebagainya.
- Iklan penawaran jasa, misal iklan jasa ojek online, iklan klinik atau tempat pengobatan, iklan jasa pengantaran barang, dan sebagainya.
3. Iklan Layanan Masyarakat
Iklan layanan masyarakat adalah jenis iklan yang mempunyai tujuan untuk memberikan penerangan dan pencerahan mengenai sesuatu hal. Biasanya iklan jenis ini diterbitkan oleh instansi atau lembaga pemerintah, dan organisasi non-profit seperti lembaga swadaya masyarakat.
Iklan layanan masyarakat dirancang agar masyarakat memiliki kesadaran terhadap suatu hal tertentu. Contohnya, pentingnya menghemat energi agar dapat disimpan untuk kepentingan masa mendatang.
Iklan layanan masyarakat dirancang agar masyarakat memiliki kesadaran terhadap suatu hal tertentu. Contohnya, pentingnya menghemat energi agar dapat disimpan untuk kepentingan masa mendatang.
Jenis Iklan Berdasarkan Media Yang Digunakan
Secara UMUM, jenis iklan berdasarkan media yang digunakan dapat bagi menjadi dua kategori besar, yaitu iklan dalam media above the line dan below the line.
- Media above the line memiliki ciri-ciri antara lain :
1) Informasi yang disebarkan bersifat serempak
2) Penerima pesan cenderung anonim atau tidak diketahui secara pasti.
3) Dapat menjangkau khalayak secara luas.
Contoh media ini antara lain Surat Kabar, Majalah, Tabloid, Televisi, Radio, dan Internet.
- Media below the line adalah iklan yang menggunakan media khusus seperti antara lain leaflet, poster, spanduk, bus stop, point of purchase (POP), stiker, shop sign, flyer, baliho dll
Secara KHUSUS, berdasarkan media yang digunakan, iklan dapat dibagi dalam beberapa jenis, antara lain:
1. Iklan Cetak
Yaitu iklan yang dibuat dan dipasang dengan menggunakan teknik cetak, yang dapat berupa letterpress, photolitography, sablon, inkjet, laser, dll.
Contohnya iklan cetak antara lain iklan yang terdapat dalam koran, surat kabar, majalah, baliho, poster, stiker, dll.
Berdasarkan luas space iklan pada media cetak seperti surat kabar, majalah, dan tabloid terdapat beberapa bentuk iklan, yaitu:
Berdasarkan luas space iklan pada media cetak seperti surat kabar, majalah, dan tabloid terdapat beberapa bentuk iklan, yaitu:
- Iklan baris, biasanya tidak lebih dari 3-4 baris dengan luas tidak lebih dari saru kolom
- Iklan kolom, memiliki lebar satu kolom namun lebih tinggi dibanding iklan baris
- Iklan display, memiliki ukuran lebih luas dibanding iklan kolom
- Iklan advertorial, memiliki ukuran luas seperti iklan display namun dengan teknik penyampaian pesan lebih diarahkan pada bentuk seperti sebuah berita
2. Iklan Elektronik
Yaitu iklan yang menggunakan media berbasis perangkat elektronik. Secara spesifik iklan elektronik dapat berupa:
a. Iklan Radio
Iklan radio hanya dapat didengarkan melalui audio (suara) saja. Iklan radio terdiri dari beberapa jenis, yaitu:
Ad lib - Disampaikan oleh penyiar secara langsung berupa siaran kata saja.
Spot - Disampaikan dengan teknik perekaman sebelumnya, sehingga membutuhkan naskah terlebih dahulu.
Sponsor Program - Pemberian waktu khusus kepada sponsor atau pihak yang beriklan untuk menyampaikan pesan dengan cara membiayai sebuah program acara radio.
b. Iklan Televisi
Iklan televisi memiliki beberapa unsur yaitu suara, gambar, teks, dan gerak. Oleh karena itu pesan yang disampaikan sangatlah menarik perhatian dan impresif.
Berdasarkan bentuknya iklan televisi dapat dikelompokkan dalam beberapa jenis, yaitu:
- Live Action - Video klip iklan yang melibatkan unsur gambar, suara, dan gerak secara bersama
- Animation - Iklan yang dibangun berdasarkan gambar-gambar kartun atau animasi.
- Stop Action - Berupa perpaduan antara live action dan teknik animasi sehingga memberikan efek dramatik iklan, dimana ilustrasi yang rumit dapat digambarkan dengan baik dan menarik.
- Musik – Ikan disampaikan melalui musik sebagai media penyampai pesan.
- Superimposed - Iklan televisi berupa gambar dan teks yang muncul saat acara program televisi berlangsung.
- Sponsor Program - Iklan televisi dimana pihak pengiklan atau sponsor membiayai program acara televisi tertentu dan sebagai imbalannya ia dapat menyampaikan pesan iklan dengan lebih mendominasi.
- Running Text - Iklan televisi berupa teks yang muncul dari kanan bergerak ke sebelah kiri layar.
- Caption - Iklan televisi yang mirip dengan superimpose, tetapi pesan yang digunakan hanya berupa tulisan.
- Backdrop - Iklan televisi dimana pesan iklan diperlihatkan pada latar belakang acara yang diadakan.
- Credit Title - Iklan televisi dimana pesan iklan diperlihatkan pada bagian akhir ketika sebuah acara sudah selesai.
- Ad lib - Iklan televisi dimana pesan disampaikan dan diucapkan oleh penyiar secara langsung.
- Property Endorsement - Iklan ini berbentuk dukungan sponsor yang diperlihatkan pada berbagai hal yang digunakan sebagai kelengkapan properti siaran maupun berbagai hal yang dikenakan oleh artis atau penyiar (soft campaign)
- Promo ad - Iklan yang dilakukan oleh pengelola televisi untuk mempromosikan acara-acaranya untuk menarik banyak pemirsa.
c. Iklan Film
Iklan film hadir dalam produk film/cinema. Biasanya jenis iklan yang muncul adalah iklan property endorsement dan live action yang muncul sebelum film utama diputar. Seringkali juga sebuah film turut mempromosikan film-film lainnya sebelum film tersebut diputar (promo ad)
d. Iklan Media Digital Interaktif (Internet)
Jenis-jenis Iklan Media Digital Interaktif ini antara lain:
- Website - Iklan ini secara keseluruhan berbentuk website dimana seluruh fitur dalam situs tersebut adalah iklan.
- Banner dan Button - Banner disini berupa billboard mini yang tersebar pada halaman suatu web. Sedangkan button atau tombol seringkali berbentuk seperti icon berukuran kecil. Keduanya, apabila di click akan membawa kita pada situs dari pengiklan atau halaman tambahan baru.
- Sponsorship - Pada iklan ini pihak sponsor membiayai penuh seluruh halaman dari pembuat situs.
- Search Engine Marketing - Iklan ini muncul saat kita menggunakan search engine berupa hasil pencarian.
- Classified Ads - Iklan ini berbentuk seperti iklan baris dalam koran dan biasanya gratis.
- E-mail Advertising - Iklan ini dikirimkan melalui e-mail pada para customer yang memang memintanya. Iklan ini harus dibedakan dengan spam, yaitu iklan massal dalam e-mail yang dikirimkan oleh entitas yang tidak diketahui.
d. Iklan Luar Ruang (Out-of-Home)
Iklan Luar Ruang (Out-of-Home) adalah iklan dalam media elektronik yang menjangkau audiens-nya diluar rumah. Iklan ini tumbuh dan memisahkan diri dari iklan media cetak setelah mengalami perkembangan yang pesat. Yang termasuk jenis iklan ini antara lain:
Iklan Luar Ruang (Out-of-Home) adalah iklan dalam media elektronik yang menjangkau audiens-nya diluar rumah. Iklan ini tumbuh dan memisahkan diri dari iklan media cetak setelah mengalami perkembangan yang pesat. Yang termasuk jenis iklan ini antara lain:
- Iklan outdoor standar
- Iklan transit - Iklan ini merupakan bagian dari out-of-home media yang meliputi iklan pada bis, taxi, terminal, stasiun, dll.
- Mobile billboard - Iklan yang memadukan antara billboard tradisional dan transit.
- Display - Iklan yang terdapat pada layar-layar display luar ruang, dll
Jenis Iklan Berdasarkan Tujuannya
Secara garis besar dapat dikelompokan menjadi dua yaitu Iklan Komersial dan Iklan Non-Komersial.
1. Iklan Komersial (bisnis)
Yaitu iklan yang bertujuan mendapatkan keuntungan ekonomi, utamanya meningkatkan penjualan. Iklan jenis ini dapat dibagi lagi menjadi tiga, yaitu:
- Iklan Konsumen - yaitu iklan komersial yang ditujukan kepada konsumen akhir, yaitu pengguna terakhir suatu produk.
- Iklan Bisnis - yaitu iklan komersial yang ditujukan kepada seseorang atau lembaga yang akan mengolah atau menjual produk yang diiklankan tersebut kepada konsumen akhir.
- Iklan Profesional - yaitu iklan komersial yang ditujukan kepada segmen khusus, yaitu para profesional.
2. Iklan Non-Komersial
Iklan yang digunakan untuk menyampaikan informasi, membujuk atau mendidik khalayak dimana tujuan akhir bukan untuk mendapatkan keuntungan ekonomi, melainkan keuntungan sosial. Keuntungan sosial disini dapat berarti penambahan pengetahuan, kesadaran sikap dan perubahan perilaku masyarakat terhadap masalah yang diiklankan, serta mendapatkan citra baik di mata masyarakat. Iklan jenis ini biasa disebut iklan layanan masyarakat.
Demikianlah artikel tentang Iklan meliputi pengertian, ciri-ciri, syarat, jenis / macam-macam iklan dan contohnya yang dapat kami bagikan. Semoga membantu..
Sumber https://www.artikelmateri.com/
Demikianlah artikel tentang Iklan meliputi pengertian, ciri-ciri, syarat, jenis / macam-macam iklan dan contohnya yang dapat kami bagikan. Semoga membantu..
0 Response to "Iklan (Pengertian, Ciri, Syarat, Jenis / Macam dan Contohnya)"
Posting Komentar
komentar lah dengan hati hati...